Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun

23 Agustus 2025

BAGI kita yang tinggal di Indonesia, berkunjung ke Singapura tak ubahnya berpesiar ke masa depan. Sebab, peradaban negara kota di selat Malaka itu boleh dikata beberapa depan mendahului kita. Dari sisi tata kota misalnya, mereka memadukan alam dan teknologi secara nyaris sempurna.

Wilayah kecil yang dimiliki, membuat Singapura berhitung masak-masak soal tata ruang maupun tata guna lahan. Gedung-gedung pencakar langit yang berjejal di sana tak membuat suasana kota jadi menyiksa. Itu lantaran tersedia ruang-ruang hijau yang cukup di sela bangunan-bangunan berbahan beton dan metal tersebut.

Pemegang otoritas membuat taman-taman hampir di setiap sudut kota. Jalan-jalan dibangun dengan sistematis dan amat terencana, baik jalan layang maupun jalan biasa. Pejalan kaki mendapatkan hak semestinya. Mereka disediakan pedestrian area cukup lebar. Ya boleh dikata, pejalan kaki di Singapura adalah raja.

Demikian juga soal transportasi tersedia amat memadai, baik jumlah maupun kualitasnya. Selain mobil pribadi, warga Singapura menggunakan sejumlah alat transportasi massal untuk beraktivitas atau bepergian seperti taksi, bus kota, dan kereta api cepat bawah tanah.

Jalan-jalan raya di Singapura nyaris bebas dari kemacetan. Arus lalu lintas berjalan normal dan lancar. Di sini tampak betapa rasio perbandingan antara prasarana jalan dan jumlah kendaraan cukup berimbang.

Seperti kita tahu, Pemerintah Singapura memberlakukan pembatasan usia kendaraan bermotor di negerinya, yakni selama lima tahun. Dengan demikian, kita hampir tak melihat mobil butut berseliweran di jalanan Negeri Singa. Kebijakan itu sekaligus mengontrol jumlah kendaraan bermotor di sana.

Meski punya mobil, banyak warga Singapura yang tak sungkan mamakai angkutan umum. Apa sebabnya? Angkutan di negeri itu relatif aman dan nyaman.

Tak perlu berdesak-desakan atau berpeluh kepanasan sebab hampir semua dilengkapi air conditioner (AC). Sebagian angkutan umum bahkan berkategori mewah.

Dalam sebuah kesempatan, saya bersama beberapa mahasiswa Udinus Semarang memakai jasa angkutan taksi. Dari Orchard Road, kami menuju ke kawasan Little India yang berjarak kurang lebih 4 km. Di depan sebuah plaza, kami menunggu angkutan berargo meter itu. Banyak orang yang bertujuan sama membuat antrean di taxi halte menjadi panjang. Enggan menunggu lama, kami putuskan memanggil taksi via operator.

Melalui telepon, pihak operator meminta data nama pemesan dan lokasi penjemputan. Sebaliknya, kami sebagai pemesan diberi tahu nomor taksi yang akan datang. Tak lama berselang, taksi yang kami tunggu-tunggu tiba. Aha, ternyata taksi itu sebuah sedan Mercedes Benz seri terbaru yang tentu masih mulus. Hanya, kemewahan itu harus dibayar dengan harga setara. Sesampai di tempat tujuan, kami lihat argo meter menerakan satuan angka yang harus kami bayar. Semula tampak jumlah yang semestinya namun tiba-tiba angka bertambah dua kali lipat. Belakangan kami tahu, penambahan merupakan pajak yang harus dibayar karena memanggil taksi melalui jasa operator. ''Pantas, banyak yang memilih baris di antrean,'' keluh seorang mahasiswa.

MRT

Secara umum, terdapat dua perusahaan jasa transportasi besar di Singapura, yakni Singapore Mass Rapid Transportation (SMRT) Corporation dan Singapore Bus Service (SBS) Transit. Dua perusahaan ini yang memberi pelayanan transportasi di seluruh penjuru negeri. SMRT punya beberapa divisi usaha, antara lain kereta api bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT), taksi, dan bus.

Di antara jenis angkutan tersebut, MRT paling banyak digemari. Selain cepat, alat transportasi ini menjangkau segala penjuru Negara Kota Singapura. Menurut Senior Officer Comunity Affairs SMRT Robert Hee, jumlah penumpang angkutan itu mencapai 1,2 juta orang per hari, jauh lebih banyak dibanding penumpang bus. MRT di Singapura diluncurkan kali pertama pada 1987, dengan jalur Yio Chu Kang-Toa Payoh. Setahap demi setahap, pemegang otoritas menambah jaringan rel kereta ke segenap penjuru kota. Saat ini, panjang jaringan rel itu mencapai 34 km. ''Pada tahun 2010, panjang jaringan rel MRT ditargetkan mencapai 132 km,'' papar Robert Hee, saat melakukan presentasi di hadapan rombongan tur studi Udinus di kantor SMRT, 251 North Bridge Road, Singapura, beberapa waktu lalu.

Penting diketahui, karena infrastruktur MRT dibangun pemerintah, keuntungan yang didapat dibagi dua dengan besaran persentase disepakati. Penentuan harga tiket, mutlak menjadi kewenangan pemerintah. SMRT hanya mengikuti kebijakan yang telah ditentukan.

Untuk naik MRT, penumpang harus melalui stasiun-stasiun bawah tanah yang ada. Berbeda dari kereta-kereta di Indonesia, pembelian tiket MRT dilakukan secara swalayan dengan menggunakan teknologi digital. Langkah pertama, mendatangi mesin penjual tiket dan menentukan stasiun yang dituju menggunakan touch screen (layar sentuh). Kemudian memasukkan uang ke dalam mesin. Taruh misal dari Orchard ke Sumerset, ongkosnya Sin $ 0,8,-. Calon penumpang harus memasukkan uang dengan jumlah lebih banyak, yakni Sin $ 1,8,- Kelebihan itu dimaksudkan sebagai jaminan. Setelah uang dimasukkan, akan keluar tiket berbentuk plastik beserta uang kembalian.

Dengan menempelkan tiket tersebut ke detektor, seseorang bisa masuk ke dalam ruang tunggu penumpang. Setelah sampai di stasiun tujuan, tiket kembali difungsikan sebagai kunci pembuka untuk keluar stasiun. Terakhir, tiket harus dimasukkan kembali ke dalam mesin penjual tiket digital untuk mengambil uang jaminan. Sekilas, rangkaian prosedur itu terlihat rumit dan membingungkan. Namun bagi warga Singapura, itu sudah biasa.

Suasana stasiun bawah tanah MRT terlihat bersih dan mewah, laiknya sebuah mal. Oh ya, pada setiap stasiun, dibangun pusat perbelanjaan yang menyediakan aneka kebutuhan, dari makanan, pakaian hingga barang-barang seperti merchandise. Seperti terlihat di Stasiun Raffles City yang kami kunjungi.

Lantas, bagaimana dengan interior MRT? Pada setiap gerbong, kursi-kursi penumpang ditata berderet dan berhadap-hadapan. Penumpang yang tak kebagian tempat duduk disediakan pegangan di tengah gerbong.

Hampir semua alat transportasi di Singapura didesain untuk memudahkan penyandang cacat. Taksi milik SMRT misalnya, menyediakan pintu khusus yang bisa dibuka lebar untuk mereka yang menggunakan kursi roda.

Ya, sistem transportasi umum di Singapura dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan para pengguna. Dengan demikian, semua lapisan masyarakat tak merasa sungkan memanfaatkannya. Rasa-rasanya, hal itu sangat berbeda dari kondisi sarana transportasi umum di Indonesia yang cenderung kumuh, sesak, dan tidak nyaman.

Please Login

NIP  
 
Password  
 
Security Code  
 
Security Code Enter Here  
 
   

Status Akademik Mahasiswa


Calendar

Perkuliahan

  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK ELEKTRO
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E11801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK ELEKTRO
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E11801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU KP A15
    Mata Kuliah : KULIAH KERJA INDUSTRI 2
    Kode Kelompok : A15.9801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU KP A15
    Mata Kuliah : KULIAH KERJA INDUSTRI 2
    Kode Kelompok : A15.9801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU KP TEKNIK ELEKTRO
    Mata Kuliah : KULIAH KERJA INDUSTRI
    Kode Kelompok : E11MBKM0601
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU KP TEKNIK ELEKTRO
    Mata Kuliah : KULIAH KERJA INDUSTRI
    Kode Kelompok : E11MBKM0601
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : MOCH. SJAMSUL HIDAJAT
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : F13.801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : MOCH. SJAMSUL HIDAJAT
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : F13.801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : M. Ary Heryanto
    Mata Kuliah : DASAR SISTEM KENDALI CERDAS
    Kode Kelompok : E11601
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : ARGA DWI PAMBUDI
    Mata Kuliah : SISTEM MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER
    Kode Kelompok : E11601a
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK BIOMEDIS
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR 2
    Kode Kelompok : E13801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : ARGA DWI PAMBUDI
    Mata Kuliah : SISTEM MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER
    Kode Kelompok : E11601a
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK BIOMEDIS
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR 2
    Kode Kelompok : E13801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM DOSEN KESMAS
    Mata Kuliah : PENGALAMAN BELAJAR LAPANGAN 2
    Kode Kelompok : D11.41PE
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : NUR ISLAHUDIN
    Mata Kuliah : LEAN MANUFACTURING
    Kode Kelompok : E12501
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM DOSEN KESMAS
    Mata Kuliah : MAGANG
    Kode Kelompok : D11.81
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK INDUSTRI
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E12801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : NUR ISLAHUDIN
    Mata Kuliah : LEAN MANUFACTURING
    Kode Kelompok : E12501
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK INDUSTRI
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E12801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK BIOMEDIS
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR 1
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK BIOMEDIS
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR 1
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK INDUSTRI
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E12801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : TIM PENGAMPU TA TEKNIK INDUSTRI
    Mata Kuliah : TUGAS AKHIR
    Kode Kelompok : E12801
    Pertemuan Masih : 1 Kali
  • Nama Dosen : ARGA DWI PAMBUDI
    Mata Kuliah : VARIABEL KOMPLEKS
    Kode Kelompok : E11402
    Pertemuan Masih : 2 Kali
  • Nama Dosen : ZAENAL ARIFIN
    Mata Kuliah : SISTEM TENAGA ELEKTRIK
    Kode Kelompok : E11601
    Pertemuan Masih : 4 Kali
  • Nama Dosen : JAZULI
    Mata Kuliah : MENGGAMBAR TEKNIK
    Kode Kelompok : E12201
    Pertemuan Masih : 4 Kali
  • Nama Dosen : ZAENAL ARIFIN
    Mata Kuliah : ELEKTRONIKA INDUSTRI
    Kode Kelompok : E11601
    Pertemuan Masih : 4 Kali
  • Nama Dosen : Ihtifazhuddin Hawari
    Mata Kuliah : RANGKAIAN ELEKTRIK
    Kode Kelompok : e11201a
    Pertemuan Masih : 5 Kali
  • Nama Dosen : Ihtifazhuddin Hawari
    Mata Kuliah : RANGKAIAN ELEKTRIK
    Kode Kelompok : e11201a
    Pertemuan Masih : 5 Kali
  • Nama Dosen : Susilo
    Mata Kuliah : SISTEM KEAMANAN KESELAMATAN MEDIS
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 7 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : SISTEM ANALOG
    Kode Kelompok : E13402
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : FISIKA II
    Kode Kelompok : E13202
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : FISIKA II
    Kode Kelompok : E13201
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : WISNU ADI PRASETYANTO
    Mata Kuliah : BAHASA INGGRIS TEKNIK
    Kode Kelompok : E13601
    Pertemuan Masih : 8 Kali
  • Nama Dosen : ARIES JEHAN TAMAMY
    Mata Kuliah : MEDAN ELEKTROMAGETIK
    Kode Kelompok : E11401
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : BUDI WIDJAJANTO
    Mata Kuliah : TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
    Kode Kelompok : A12.6804
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : BUDI WIDJAJANTO
    Mata Kuliah : TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
    Kode Kelompok : A12.6804
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : BUDI WIDJAJANTO
    Mata Kuliah : TATA KELOLA DAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI
    Kode Kelompok : A12.6404
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : TUNGGUL BANJARANSARI
    Mata Kuliah : TATA RUPA EKSIBISI
    Kode Kelompok : A16.A602
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : ARIES JEHAN TAMAMY
    Mata Kuliah : MEDAN ELEKTROMAGETIK
    Kode Kelompok : E11402
    Pertemuan Masih : 9 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : ANDI DANANG KRISMAWAN
    Mata Kuliah : EFEK VISUAL
    Kode Kelompok : A17.B602
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : TUNGGUL BANJARANSARI
    Mata Kuliah : BISNIS PEMUTARAN FILM
    Kode Kelompok : A16.A602
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : ARGA DWI PAMBUDI
    Mata Kuliah : ELEKTRONIKA 2
    Kode Kelompok : E11401
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali
  • Nama Dosen : Ruri Suko Basuki
    Mata Kuliah : LITERASI INFORMASI
    Kode Kelompok : A16.A402
    Pertemuan Masih : 10 Kali

INFO TERKINI :

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us

Connect With Us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-3)